Bagaimanakah Tekstur MPASI Bayi 6 Bulan Yang Benar? Ibu Wajib Catat !


Penulis : Bidan Destia Hariana, A.Md.Keb

New Born Baby


Tekstur MPASI penting untuk diperhatikan ya ibu demi tumbuh kembang si kecil, sebelum memasuki usia 6 bulan bayi mendapatkan asupan nutrisi dan energi melalui ASI. Ketika memasuki usia 6 bulan bayi mulai mengkonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI) seiring dengan tumbuh kembangnya ASI saja tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan bayi. Bagi ibu baru yang pertama kali mempersiapkan MPASI untuk si kecil, mungkin akan merasa bingung dalam menyikapinya. Terutama dalam memperkirakan tekstur yang tepat pada usia bayinya. Nah disini akan dibahas seputar tekstur MPASI bayi 6 bulan yang perlu ibu tahu, terutama bagi ibu baru ya

Perkembangan kemampuan makan bayi sebetulnya sebelum menginjak usia 6 bulan, bayi sudah menunjukkan tanda-tanda keinginannya untuk makan. Tanda yang perlu ibu ketahui yaitu ketika bayi ibu menunjukkan respon membuka mulut ketika sendok didekatkan atau ketika ibu menyodorkan makanan ke bayi. Ketika itu pun bayi sudah bisa meraih sendok atau makanan yang diberikan dan memindahkannya ke mulut. Akan tetapi sebelum 6 bulan bayi tidak boleh diberikan makanan padat selain minum ASI karena organ pencernaanya yang belum siap dan belum benar-benar matang. Menginjak usia 6 bulan bayi mulai bisa memindahkan makanan dari satu sisi mulut ke sisi yang lainnya. Perkembangan tersebut diiringi dengan gigi depannya yang mulai tumbuh. Bayi perlahan dapat menelan makanan dengan tekstur yang lebih kental.

Seperti apakah tekstur MPASI bayi 6 bulan yang tepat?

Dalam menyajikan MPASI tidak boleh sembarangan dan asal makanan sehat saja, tetapi juga harus diperhatikan kandungan nutrisinya. Kesiapan bayi dalam mencerna makanan juga harus diperhatikan. Di usia 6 bulan makanan MPASI yang disajikan dalam bentuk tekstur yang lumat (mashed) atau saring (puree). Yang dimaksud tekstur mashed yaitu makanan yang dilumatkan hingga benar-benar halus. Sementara untuk tekstur saring yaitu makanan yang dihaluskan hingga menjadi bubur yang kental.

Mengapa tekstur MPASI sangat penting dalam perkembangan bayi?

Tekstur MPASI harus diberikan sesuai dengan perkembangan dan usia si kecil. Dalam memberikan tekstur jangan terlalu cepat ataupun terlalu lambat. Karena jika bayi terlambat naik tekstur, ma akan sulit bagi bayi mempelajari tekstur yang lebih kasar (naik tekstur). Karena apabila terlambat naik tekstur dapat mempengaruhi sistem cerna bayi. Dengan naik tekstur sesuai dengan usianya itu akan melatih bayi belajar mengunyah, menelan dan memindahkan makanan dari pipi kanan ke pipi kiri.

Seberapa banyak porsi MPASI untuk bayi usia 6 bulan?

Perlu ibu ketahui bahwa pencernaan bayi masih terus berkembang. Pada awal MPASI, bayi memerlukan makanan sebanyak 3 sendok makan sampai setengah mangkok ukuran 250ml. di awal MPASI bayi tidak perlu makan terlalu banyak karena pada saat usia 6 bulan bayi baru pertama kali berkenalan dengan MPASI, selain itu bayi juga masih mendapat asupan nutrisi lainnya dari minum ASI. Porsi tersebut dapat memenuhi kebutuhan energi bayi usia 6 hingga 8 bulan yaitu sekitar 200 kcal per hari.

Dalam pemberian MPASI selain memperhatikan kebutuhan nutrisi harian, porsi dan tekstur, tak kalah penting yaitu memberikan MPASI secara konsisten. Dan jangan memaksa si kecil menghabiskan makanannya. Ibu bisa memberikan MPASI sesuai dengan sinyal lapar atau kenyang dari sikecil. Semoga bermanfaat.