Ciri-ciri Benjolan Di Ketiak Yang Tidak Berbahaya !


Penulis : Destia Hariana, A.Md.Keb

Benjolan di Ketiak (Dok.Freepik


Penting untuk diketahui ya moms ciri-ciri benjolan di ketiak yang tidak berbahaya agar tidak menimbulkan rasa khawatir. Tidak semua benjolan yang ada di ketiak merupakan gejala kanker meskipun kerap dikaitkan dengan gejala kanker. 

Adanya benjolan di ketiak dapat menimbulkan kekhawatiran dimana kondisi ini sering kali dikaitkan dengan gejala kanker seperti kanker payudara, kanker darah, dan kanker kelenjar getah bening. tetapi sebenarnya tidak semua benjolan di ketiak merupakan gejala kanker dan kondisi yang berbahaya. Itu sebabnya penting untuk moms mengetahui ciri-ciri benjolan pada ketiak yang tidak berbahaya agar moms tidak waswas ketika mengalaminya.

Ciri-ciri benjolan yang tidak berbahaya di ketiak :

1. Bentuknya mulus

Benjolan yang tidak berbahaya pada ketiak umumnya cenderung teraba mulus atau memiliki batas yang tegas. Berbeda dengan bentuk benjolan yang bersifat kanker terasa tidak beraturan. Karena sel kanker tersebut menyebar ke jaringan secara tidak beraturan di sekitarnya.

2. Tidak bertambah besar atau menyebar

Perlu moms ketahui bahwa benjolan di ketiak yang tidak berbahaya tidak akan bertambah besar ataupun menyebar ke bagian lain yang ada di sekitarnya. Ukuran benjolan yang tidak berbahaya biasanya akan cenderung mengecil seiring dengan membaiknya kondisi yang moms alami. Dalam waktu beberapa hari atau beberapa minggu moms bisa memeriksa atau mengamati ukuran benjolan tersebut bertambah besar atau tidak.

3. Teksturnya lunak

Selanjutnya yang dapat moms perhatikan yaitu teksturnya. Benjolan diketiak yang tidak berbahaya ketika disentuh biasanya terasa lunak atau kenyal.

Lain halnya dengan benjolan yang berbahaya atau bersifat kanker biasanya ketika disentuh memiliki tekstur yang keras. Hal tersebut karena adanya penumpukan jaringan yang padat dan kaku akibat pertumbuhan sel yang tidak normal.

4. Ketika disentuh bergerak

Benjolan yang tidak berbahaya yang berada di ketiak ketika disentuh akan bergerak. Contohnya seperti benjolan di ketiak akibat lipoma. benjolan lemak yang tumbuh diantara kulit dan lapisan otot akan bergerak ketika disentuh. 

Hal tersebut tentunya berbeda dengan benjolan yang bersifat kanker yang sulit untuk bergerak karena terdapat jaringan yang padat dan kaku. 

5. Nyeri saat disentuh

Benjolan yang tidak berbahaya yang ada di ketiak sebagian besar menimbulkan rasa nyeri ketika disentuh. Hal tersebut salah satu pembeda benjolan yang tidak berbahaya dan yang berbahaya. Pada umumnya benjolan yang bersifat kanker tidak menimbulkan rasa nyeri. Kemungkinan rasa nyeri yang dirasakan dikarenakan pertumbuhan massa yang menekan jaringan di sekitarnya, tetapi pada benjolannya sendiri tidak terasa nyeri. 

6. Dengan sendirinya mengecil

Seiring dengan berjalannya waktu benjolan yang tidak berbahaya yang ada di ketiak akan mengecil. Seperti benjolan yang disebabkan oleh ingrown hair terkadang tidak membutuhkan perawatan medis karena dapat sembuh dengan sendirinya.

Berbeda dengan benjolan yang berbahaya atau bersifat kanker akan membesar dan menyebar dikarenakan pertumbuhan sel yang berlangsung secara tidak normal.

Ketika moms sudah dapat mengenali ciri-ciri benjolan di ketiak yang tidak berbahaya akan mengurangi kekhawatiran apabila moms mengalaminya. Selain itu, moms akan lebih bisa mengenali risiko yang timbul dan dapat segera ditangani. 

Jika dalam waktu dua minggu benjolan yang timbul tidak hilang atau malah semakin besar  segera untuk memeriksakan diri ke dokter atau tenaga kesehatan terdekat. Jangan sungkan dan ragu untuk memeriksakan sedini mungkin agar dapat mengetahui penyebab pasti benjolan tersebut dan dapat ditangani dengan cepat dan tepat.