Ikan Yang Bagus Untuk MPASI dan Cara Untuk Mengolahnya. Mom Wajib Tahu!


Penulis : Destia Hariana, A.Md.Keb

Baby Girl (Dok.Unsplash


Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) energi tambahan yang diperlukan dari MPASI adalah 200 kkal /hari. Itu bisa didapatkan dari 2 kali makan dengan porsi 2-3 sendok sekali makan. Pilihan menu MPASI yang bisa moms berikan sangat beragam dan salah satunya menu yang berbahan dasar ikan.

Jenis Ikan Yang Bagus Untuk MPASI Si Kecil

1. Ikan Salmon

Pastinya tidak asing lagi ya moms dengan ikan salmon, diketahui ikan salmon adalah ikan yang bagus untuk MPASI dengan gizi yang tinggi. Ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang dapat membantu meningkatkan ketahanan tubuh si kecil. Selain itu asam lemak omega 3 yang dikandung ikan salmon juga penting untuk perkembangan visual dan neurologis si kecil. Untuk itu ikan salmon banyak disarankan untuk dikonsumsi si kecil ketika MPASI.

2. Ikan Nila

ikan selanjutnya yang dapat diberikan ketika MPASI adalah ikan nila. Beberapa kandungan gizi yang bisa didapatkan pada ikan nila yaitu protein, fosfor dan asam lemak omega 3. Ikan nila memiliki cita rasa yang manis dan bertekstur lembut sehingga aman untuk dikonsumsi si kecil ketika MPASI. Kandungan protein dalam ikan nila sangat baik untuk menunjang fungsi tubuh si kecil secara keseluruhan. Selain itu juga menjadi sumber energi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh si kecil.

Meskipun kandungan omega 3 dalam ikan nila tidak sebanyak ikan laut lainnya tetapi mempunyai manfaat untuk menyehatkan jantung si kecil.  Kanudngan fosfor yang terdapat pada ikan nila mampu mendukung pertumbuhan dan kesehatan tulang si kecil.

3. Ikan Lele

Seperti halnya ikan salmon dan ikan nila, ikan lele juga mengandung omega 3 yang dibutuhkan oleh si kecil. 

Kandungan lemak omega 3 dalam lele dapat mencegah penyakit jantung, kanker dan juga dementia. Selain itu dalam ikan lele juga mengandung protein tinggi serta fosfor yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan otak si kecil.

4. Ikan Gurame

Pilihan ikan selanjutnya yang bisa moms berikan pada si kecil yaitu ikan gurame. Ikan gurame memiliki tekstur yang kenyal dan tidak memiliki banyak duri sehingga aman untuk si kecil. Karena ikan gurame memiliki duri yang sedikit sehingga memudahkan moms dalam mengolahnya.

Kandungan gizi yang dimiliki ikan gurame juga lebih tinggi dibandingkan ikan lele ya moms. Perlu moms ketahui bahwa kandungan protein dalam satu ekor gurame sebesar 19% loh. Tentunya ini bisa menjadi pilihan moms untuk memberikan ikan gurame sebagai MPASI si kecil karena sumber protein yang ada dalam ikan gurame sangat baik untuk mendukung tumbuh kembang si kecil.

5. Ikan Teri

Tahukan moms kalau ikan teri salah satu ikan yang bagus juga untuk MPASI?

Ya, meski kita tahu ya moms kalau ikan teri ini memiliki bentuk yang kecil tetapi mengandung tinggi kalsium, fosfor dan juga magnesium loh moms! Nah dimana ketiga kandungan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang serta menunjang pertumbuhan si kecil.

Selain itu dengan mengkonsumsi ikan teri sebagai menu MPASI, si kecil juga mendapatkan asupan vitamin C dan D. 

Tidak hanya itu ya moms, alasan ikan teri menjadi ikan yang bagus untuk MPASI juga karena kandungan lemak baiknya. Kandungan asam lemak omega 3 yang ada pada ikan teri dapat meningkatkan fungsi otak dan menjaga pertumbuhan si kecil.

6. Ikan Kod

Kandungan ikan kod yang sudah banyak diketahui seperti asam lemak omega 3 dan omega 6 yang sangat baik untuk pertumbuhan sel-sel otak si kecil bisa menjadi pilihan moms untuk diberikan pada si kecil. Tidak hanya itu ikan kod juga kaya akan vitamin A dan D. dimana kedua vitamin ini bermanfaat untuk kesehatan tulang dan gigi si kecil. 

Selain dapat dikonsumsi dagingnya, ikan kod juga dapat dikonsumsi dalam bentuk ekstrak atau minyak ikan kod.

7. Ikan Gabus

Ternyata ikan gabus ini mengandung protein albumin tinggi dibandingkan dengan ikan yang lainnya. Kandungan protein pada ikan gabus lebih tinggi dari telur, daging ayam dan juga daging sapi. Sehingga bisa menjadi pilihan moms untuk diberikan pada si kecil ketika MPASI

8. Ikan Tongkol

Dalam ikan tongkol mengandung zat besi, kalsium, protein, vitamin A dan vitamin C. Dengan banyaknya kandungan tersebut ikan tongkol mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau. Bisa menjadi pilihan untuk MPASI si kecil ya moms.

9. Ikan Kembung

Ikan yang dapat didapatkan dengan mudah selanjutnya yaitu ikan kembung. Jenis ikan local satu ini ternyata memiliki banyak kandungan ya moms seperti fosfor, zat besi, kalsium, vitamin A, B1, D, E serta C. tidak hanya itu ikan kembung juga ternyata mengandung omega 3 lebih banyak dibandingkan ikan salmon. Untuk itu jika moms ingin mendapatkan kandungan yang lengkap dan dengan harga yang terjangkau moms bisa memilih ikan kembung untuk MPASI si kecil. 

Cara Mengolah Ikan Untuk MPASI Si Kecil

Setelah mengetahui jenis ikan apa saja yang dapat diberikan untuk si kecil, moms juga harus tahu cara mengolahnya. Untuk memasak ikan moms terlebih dahulu harus membuang duri dan kulit ikan untuk mencegah si kecil tersedak. Setelah itu moms bisa memanggang atau mengukusnya. Untuk menyajikannya dapat diberikan dalam potongan kecil yang ditaburkan atau dicampurkan dalam bubur tim. 

Nah itu tadi beberapa jenis ikan yang bagus untuk MPASI si kecil dan cara mengolahnya. Jangan lupa juga ya mom's untuk memperhatikan gejala alergi pada si kecil yang mungkin akan muncul.