Ketahui Manfaat Senam Hamil yang Bumil harus tahu!

Penulis : Anisa Nurul Aini A.Md Keb
Potret Ibu senam hamil (Dok by yanalya by Freepik)


Selama hamil tubuh akan banyak sekali mengalami perubahan. Semakin bertambahnya usia kehamilan, tubuh Anda akan semakin merasa pegal, kram dan mudah lelah. Perlu diketahui selama hamil Anda harus bergerak aktif karena akan membuat tubuh menjadi lebih bugar dan dapat meningkatkan kekuatan otot tubuh untuk menghadapi persalinan. Salah satu caranya dengan melakukan olahraga rutin yang baik dan aman bagi ibu hamil salah satunya adalah senam hamil. Senam hamil tidak hanya dapat membuat tubuh menjadi lebih bugar tetapi dari sisi psikologis senam hamil juga dapat membuat pikiran Anda menjadi lebih positif karena merasa lebih siap untuk menghadapi persalinan.

Berikut beberapa manfaat senam hamil yang baik untuk Ibu dan janin:

1. Menstabilkan detak jantung janin.
2. Memperkuat otot dan sendi.
3. Mengurangi ketidaknyamanan yang dirasakan oleh Anda seperti pegal dan kram.
4. Menjaga berat badan ideal.
5. Membuat kualitas tidur lebih baik.
6. Memperkuat jantung dan paru.
7. Mengatasi kelelahan yang berlebih.
8. Memudahkan proses persalinan.
9. Berpikir lebih positif.
10. Menurunkan resiko komplikasi kehamilan.

Anda bisa melakukan senam hamil dengan bergabung di kelas senam hamil yang ada pada Fasilitas Kesehatan seperti Rumah Sakit Ibu dan Anak ataupun Praktik Mandiri Bidan. Pada umumnya, instuktur senam hamil dilakukan oleh bidan professional. Anda juga bisa melakukan senam hamil dengan mempraktekan di rumah yang sudah di instruksikan sebelumnya. Hal ini tetap dalam pengawasan ahli dengan tujuan agar setiap gerakan yang dilakukan memang disesuaikan kebutuhan kondisi tubuh Anda.

Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Senam Hamil

1. Lakukan pemanasan 5-10 menit sebelum melakukan gerakan senam hamil dan lakukan pendinginan setelah melakukan senam hamil.
2. Kenali kemampuan diri jangan terlalu memaksakan. Jika Anda merasa lelah dan tubuh terasa sakit, sebaiknya berhenti dan beristirahat sejenak.
3. Pilih pakaian yang tepat. Sebaiknya Anda menggunakan pakain yang mudah menyerap keringat ketika berolahraga. Agar Anda lebih nyaman pilihlah pakaian yang longgar dan tipis.
4. Lakukanlah gerakan senam hamil secara perlahan dan jangan terburu-buru agar menghindari Anda dari cedera yang mungkin saja dapat terjadi ketika melakukan senam hamil.
5. Memilih kelas hamil dengan instruktur senam hamil yang professional dan terpercaya. Anda harus mengetahui kelas senam hamil dengan intruktur yang benar-benar memahami gerakan yang aman dan gerakan yang boleh dilakukan ibu hamil agar mengurangi risiko cedera.
6. Perhatikan tempat kelas senam hamil. Sebaiknya kelas senam hamil dilakukan di ruangan yang tidak panas dan tidak lembab. Jika senam hamil dilakukan di ruangan terbuka sebaiknya dilakukan pada jam 10 pagi atau jam 3 sore.
7. Pastikan Anda mendapat asupan cairan yang cukup untuk menghindari dehidrasi. Anda juga dapat menambahkan multivilamin dan mineral yang baik agar terpenuhinya gizi seimbang bagi Anda dan sang buah hati dengan Bundavin.