Ketahuilah Pentingnya Gerakan Janin Anda, Simak di bawah ini!

Penulis: Fadila Nur’aini, STr.Keb
Potret ibu hamil dan pasangannya (Dok.Freepik/DCStudio)


Gerakan janin adalah salah satu tanda untuk mengetahui bahwa janin Anda sehat. Biasanya Anda mulai dapat merasakan gerakan janin sekitar usia kehamilan 16 sampai 24 minggu. Bagi Anda yang baru pertama kali hamil, Anda mungkin tidak begitu merasakan gerakan janin hingga usia kehamilan 20 minggu. Jika Anda belum merasakan gerakan janin hingga 24 minggu, beritahu bidan atau dokter Anda.

Gerakan janin yang pertama kali mungkin akan terasa seperti gelembung kecil, denyutan lembut di dalam perut atau semacamnya. Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, Anda akan merasakan adanya tendangan di dalam perut. Kenali gerakan janin Anda sendiri dan tingkatkan komunikasi antara Anda dan janin serta orang-orang yang ada di sekitar Anda.

 

Kenapa gerakan janin itu sangatlah penting?

Ketahuilah pentingnya gerakan janin karena jika janin Anda sakit, maka ia tidak akan bergerak aktif seperti biasanya. Menurunnya gerakan janin dapat menjadi pertanda adanya infeksi atau masalah lainnya. Semakin cepat Anda mengetahui penyebab dari menurunnya gerakan janin maka semakin cepat pula Anda mendapatkan perawatan atau pengobatan yang tepat. Ini dapat menyelamatkan nyawa janin Anda.

Banyak ibu yang mungkin bertanya apakah janin mereka dapat bergerak secara berlebihan? Kecil kemungkinannya untuk janin bisa bergerak terlalu banyak. Namun, kenali pola gerakan janin Anda. Setiap perubahan apapun yang Anda rasakan perlu dikonfirmasi dengan pemeriksaan yang dilakukan oleh bidan atau dokter.

 

Kapan harus menghubungi bidan atau dokter?

Lambat laun Anda akan mulai tahu kapan saja janin Anda biasanya bergerak. Kemudian Anda mulai mengenali bagaimana pola gerakan janin Anda sendiri. Ini sangatlah penting untuk Anda rasakan sehingga Anda tahu jika ada sesuatu yang tidak beres.

Tidak ada jumlah gerakan janin yang wajib Anda rasakan setiap harinya karena setiap bayi itu berbeda. Anda tidak perlu menghitung jumlah tendangan atau gerakan yang Anda rasakan setiap hari. Sekali lagi, hal yang terpenting adalah mengenali pola gerakan janin Anda.

Segera datang ke bidan atau dokter Anda pada kondisi di bawah ini:

  • Gerakan janin berkurang atau tidak seperti biasanya
  • Anda tidak merasakan gerakan janin sama sekali
  • Ada perubahan pada pola gerakan janin yang biasanya Anda rasakan

Bidan atau dokter akan segera memeriksa gerakan janin dan denyut jantung janin. Jangan tunggu hingga keesokan harinya, telepon bidan atau dokter Anda dengan segera. Pilihan lainnya adalah datang ke klinik atau IGD rumah sakit untuk memeriksakan kondisi janin meskipun itu terjadi tengah malam. Upayakan ada yang mendampingi Anda saat periksa, namun jika saat itu Anda sendirian, segeralah pergi ke fasilitas pelayanan kesehatan yang terdekat dari rumah.

Oleh karena itu, jagalah kesehatan diri Anda baik itu kesehatan fisik dan mental. Upayakan untuk selalu makan dan minum yang sehat, alami dan bervariasi setiap harinya. Hindari gaya hidup yang tidak sehat seperti minum alkohol, merokok atau mengonsumsi obat-obatan tanpa pengawasan dokter. Di samping itu, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan suplemen multivitamin misalnya dengan Bundavin.