Manfaat Afirmasi untuk Ibu Hamil, Lakukan ini di Rumah Anda!

Penulis: Fadila Nur’aini, STr.Keb
Potret ibu hamil dan pasangannya (Dok.Freepik/lookstudio)


Afirmasi untuk ibu hamil adalah langkah yang baik untuk meningkatkan kepercayaan diri dalam persiapan menjadi ibu baru. Afirmasi berisikan pernyataan positif yang dapat Anda ucapkan secara berulang untuk mengatasi pikiran negatif. Ini membantu Anda menjadi
pribadi yang lebih tenang dan tidak reaktif.

Bagi Anda yang berada dalam trimester ketiga kehamilan seringkali merasa cemas terhadap proses persalinan. Anda dapat mengatakan kepada diri Anda sendiri “Aku percaya bahwa tubuhku tahu apa yang harus dilakukan”. Kepercayaan terhadap tubuh Anda sendiri dapat mempermudah tubuh untuk bekerja secara alamiah.

Cobalah untuk menerapkan afirmasi setiap harinya dimulai dengan mengatakan bahwa “Kehamilan aku sehat, aku mampu mengatasi semua ini. Semua ini hanya sementara dan akan berlalu. Aku kuat, tubuhku akan memberi tahuku, tugasku hanyalah mendengarkan.
Aku menarik napas dalam dan aku sangat tenang”. Anda tidak perlu meluangkan waktu lama, lima menit setiap hari sudah lebih baik daripada tidak sama sekali.

Afirmasi dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun Anda berada. Anda boleh mencatatnya dan mengucapkan kembali atau mendengarkan audio dan mengucapkannya. Di samping itu, tetap jaga kesehatan fisik Anda dengan makan makanan sehat dan alami serta konsumsi suplemen Bundavin jika perlu. Simak empat manfaat afirmasi untuk ibu hamil di bawah ini!

 

  • Meningkatkan pola pikir yang positif

Terkadang ada suara kecil di dalam pikiran setiap orang. Afirmasi dapat membantu otak Anda untuk berlatih menantang pikiran-pikiran negatif tersebut dan mengubah pandangan Anda bahwa masalah tersebut tidak begitu besar. Ini sama halnya dengan ketika Anda berolahraga dimana otot-otot Anda akan kuat jika terus dilatih dan dilakukan berulang kali. Jika Anda rutin melakukan afirmasi maka pikiran negatif itu akan pergi.

 

  • Mengurangi stres

Afirmasi dapat memberikan Anda waktu untuk menghadapi momen yang membuat Anda stres. Mungkin Anda kewalahan dengan mual muntah atau ragu untuk menghadapi persalinan. Afirmasi dapat membuat Anda tenang dan mengingatkan Anda bahwa perasaan ini normal dan bukan menjadi suatu ukuran mampu atau tidaknya mengatasi masalah tersebut.

 

  • Mengubah perilaku

Mengubah cara berpikir Anda dari waktu ke waktu dapat memengaruhi perilaku dan perasaan Anda juga. Ini membantu Anda untuk berhenti dan berpikir sebelum merespons terhadap suatu situasi. Bagi Anda yang cenderung mudah marah, afirmasi membantu Anda
untuk berhentik sejenak dan berpikir “Aku memilih untuk bernapas dalam untuk aku dan bayiku”.

 

  • Membantu proses persalinan

Afirmasi positif dapat membantu Anda untuk menghadapi proses persalinan dengan sangat baik menjelang persalinan. Beberapa bukti menunjukkan bahwa afirmasi dapat membantu Anda percaya pada kemampuan Anda dan mampu untuk mengendalikan proses persalinan Anda sendiri. Hal ini juga berdampak pada kesejahteraan Anda setelah melahirkan.