Manfaat Berhubungan Intim Menjelang Persalinan

Penulis : Anisa Nurul Aini A.md Keb
Potret ibu hamil (by Freepik)


Di usia kehamilan akhir menuju persalinan. Pasti Bunda sangat menunggu hari kelahiran. Tapi ada beberapa Bunda yang belum saja merasakan mulas menjelang waktu persalinan hingga ada juga yang melebihi hari taksiran persalinan. Tapi Bunda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara agar Bunda bisa merasakan mulas menjelas persalinan. Salah satunya yaitu berhubungan intim menjelang persalinan.

Sebagian bunda pasti bertanya-tanya, kenapa berhubungan intim bisa merangsang persalinan?

Berhubungan intim bisa membantu merangsang persalinan karena saat berhubungan intim hormone-hormon dalam tubuh ibu hamil yang merangsang persalinan bisa meningkat jumlahnya. Salah satunya hormon oksitosin yang meningkat saat orgasme dapat menyebabkan kontraksi pada ibu hamil. Kontraksi ini lah yang memicu untuk terjadinya persalinan.

Selain hormon oksitosin, berhubungan intim juga melibatkan hormon prostaglandin yang merangsang persalinan. Hormon prostaglandin ini di dapat dari air mani tau sperma suami. Jadi saat berhubungan intim pastikan sang suani ejakulasi di dalam vagina. Hormon prostaglandin ini memicu kontraksi Rahim yang membuat leher rahim terbuka lebar dan memudahkan proses persalinan.

Adapun hormon endorphin yang juga dilepaskan oleh tubuh. Hormon endorphin adalah salah satu jenis hormon yang berguna untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks, sehingga pikiran Bunda bisa menjadi lebih tenang dan tidak tegang saat akan menghadpi persalinan. Karena hormon endorphin juga memengaruhi perasaan dan mood Bunda.

Adapun manfaat berhubungan intim menjelang persalinan :

1. Meningkatkan Keintiman Dengan Suami

Melakukan hubungan intim dengan pasangan juga dapat meningkatkan keintiman dan keharmonisan dalah berumah tangga. Pasalnya hubungan seks dapat membuat pasangan merasa saling dekat satu sama lain, baik secara fisik maupun emosional.

2. Membuat Kontraksi

Hubungan intim juga dapat memicu kontraksi pada ibu hamil. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa saat berhubungan intim dalam tubuh Bunda dapat mengeluarkan hormone-hormon yang memicu kontraksi. Pada air mania tau sperma juga mengandung hormone yang dapat memicu kontraksi yaitu hormone prostaglandin.

3. Menyiapkan rahim untuk bersalin

Berhubungan intim juga dapat membantu lubrikasi vagina yang berguna memperlancar persalinan. Selain itu, kontaksi otot pelvis dan serviks juga bermanfaat mempersiapkan rahim untuk persalinan.

4. Mengurangi stress selama kehamilan

Berhubungan intim adalah aktivitas yang akan membuat mood Bunda membaik. Pasalnya ketika berhubungan intim, tubuh akan menghasilkan hormone endorphin yang akan memengaruhi perasan dan mood Bunda. Perasaan tegang, cemas, khawatir dan takut akan hilang saat setelah berhubungan.