Pentingnya Periksa Hamil, Sudahkah Anda tahu? Yuk Baca 3 Poin ini!




 

Penulis: Fadila Nur’aini, A.Md.Keb
Potret ibu hamil dan pasangannya (Dok.Freepik/gpointstudio)


Hamil adalah suatu anugerah pada ibu dan ayah apalagi bagi pasangan yang sudah memimpikannya sejak lama. Hamil bukanlah tanggung jawab perempuan saja, tetapi ada peran laki-laki yang cukup besar disana. Mulai dari sekarang, bangunlah komunikasi yang baik termasuk pembagian peran antara ibu dan ayah. 

Pentingnya periksa hamil harus diketahui oleh ibu dan ayah. Seorang ayah perlu mendampingi ibu saat periksa dan ikut berdiskusi jika ada kondisi medis yang berbahaya pada ibu dan janin. Saat periksa hamil, bidan atau dokter akan menyampaikan beberapa informasi penting. Sampaikan kekhawatiran Anda sehingga mereka dapat membantu dan bawalah buku KIA setiap kali Anda periksa.

 

Bagaimanakah proses periksa hamil?

Anda dapat memeriksakan kehamilan di Puskesmas, klinik atau rumah sakit. Pemeriksaan ini dilakukan oleh tenaga kesehatan umumnya bidan atau dokter kandungan. Ketika datang ke tempat periksa, bidan atau dokter akan menanyakan keluhan yang Anda alami saat ini, hari pertama haid terakhir, gerakan janin, riwayat penyakit, kekhawatiran yang Anda rasakan dan lain-lain.

Jangan ragu untuk menceritakan kekhawatiran Anda karena kesehatan jiwa sama pentingnya dengan kesehatan fisik. Setelah itu bidan atau dokter akan mulai melakukan pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar lengan atas; pemeriksaan tanda-tanda vital seperti tekanan darah dan suhu tubuh; dan pemeriksaan fisik termasuk mendengarkan denyut jantung janin Anda. 

Bidan atau dokter akan menjelaskan hasil pemeriksaan termasuk jika Anda diperiksa dengan USG. Anda akan diberikan konseling tentang pola hidup sehat selama hamil termasuk aktivitas fisik selama hamil dan cara mengelola stres. Biasanya Anda akan dijadwalkan untuk pemeriksaan darah dan urine, vaksin tetanus dan jadwal periksa hamil berikutnya. Mereka juga akan memberikan Anda multivitamin dan mineral, salah satu pilihan produknya adalah Bundavin.

 

Apa pentingnya periksa hamil untuk Anda dan janin?

Periksa hamil dapat memantau kemajuan proses kehamilan demi memastikan kesehatan ibu serta tumbuh kembang janin. Ini juga bermanfaat untuk mengetahui adanya potensi komplikasi kehamilan yang mungkin terjadi di awal kehamilan. Dengan periksa hamil, Anda dapat mempertahankan kesehatan Anda dan janin.

Periksa hamil juga merupakan langkah untuk mempersiapkan proses persalinan sehingga dapat melahirkan bayi dengan selamat serta meminimalkan trauma yang mungkin dapat terjadi saat persalinan. Ini juga merupakan persiapan ibu dan keluarga untuk menerima kelahiran bayi mereka agar tumbuh kembang optimal. Begitu pula dengan persiapan ibu dan keluarga untuk melewati masa nifas dengan baik dan persiapan memberikan ASI eksklusif pada bayi.

 

Kapan Anda bisa periksa hamil?

Segeralah ke bidan atau dokter jika Anda terlambat datang bulan. Periksa kehamilan dilakukan minimal 6 kali selama kehamilan dengan minimal 2 kali pemeriksaan oleh dokter pada trimester 1 dan 3. Untuk 4 kali pemeriksaan lainnya, Anda bisa datang ke bidan. Waktu pemeriksaan kehamilan yaitu:

  • 1 kali pada trimester pertama (kehamilan hingga 12 minggu)
  • 2 kali pada trimester kedua (kehamilan di atas 12 minggu sampai 24 minggu)
  • 3 kali pada trimester ketiga (kehamilan di atas 24 minggu sampai 40 minggu)