Sedang melakukan Program Hamil? Inilah persiapan agar cepat hamil!

Penulis : Anisa Nurul Aini A.md Keb
Potret testpack positif (Dok by jcomp on Freepik)


Sebelum Anda memulai kehamilan, Anda harus tahu terlebih dahulu persiapan sebelum melakukan program hamil agar dapat melahirkan bayi yang sehat. Program hamil tidak hanya untuk pasangan muda, tetapi ada juga beberapa pasangan yang sudah lama menikah tetapi belum juga dikaruniai sang buah hati. Selain persiapan mental, Anda juga harus mempersiapkan tubuh menjelang kehamilan seperti menerapkan gaya hidup sehat.

Berikut ini adalah persiapan sebelum melakukan program hamil yang dapat Anda lakukan :

1. Melakukan konsultasi dengan dokter

Berkonsultasi dengan dokter adalah langkah awal untuk memulai program hamil. Melalui pemeriksaan, dokter dapat mengecek tubuh Anda seperti pemeriksaan rahim untuk mengetahui apakah rahim Anda sudah siap untuk dibuahi dan melakukan pemeriksaan kesehatan terkait riwayat penyakit yang dapat memengaruhi kehamilan.

2. Menentukan berat badan ideal

Berat badan juga memengaruhi peluang untuk hamil. Untuk Anda yang memiliki berat badan ideal kemungkinan peluang hamil lebih besar daripada berat badan yang terlalu gemuk ataupun terlalu kurus. Karena jika berat badan terlalu gemuk memungkinkan lemak dapat menganggu sistem reproduksi sehingga Anda sulit untuk hamil. Sementara berat badan yang terlalu kurus dapat menyebabkan komplikasi selama hamil seperti KEK (Kekurangan Energi Kronis) yang berdampak buruk terhadap kesehatan ibu dan pertumbuhan perkembangan janin.

3. Memulai gaya hidup sehat

Menjalani gaya hidup sehat salah satu persiapan sebelum melakukan program hamil. Konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang salah satu langkah dalam mempersiapkan program hamil seperti mengonsumsi makanan yang mengandung protein, serat, zat besi, kalsium dan asam folat. Selain itu, Anda juga harus menghindari makanan yang banyak mengandung gula, garam, mengurangi asupan kafein seperti kopi, menghindari junk food yang berpotensi membuat tubuh menumpuk lemak yang dapat mengurangi kualitas ovum dan menghindari minuman beralkohol. Jika Anda memiliki kebiasaan merokok sebaiknya Anda mulai membiasakan diri untuk tidak merokok.

4. Rutin berolahraga

Selain menjalani gaya hidup sehat, Anda juga dapat dibarengi dengan berolahraga rutin untuk menjaga kebugaran tubuh sebelum melakakan program hamil. Tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat, Anda dapat berolahraga ringan seperti melakukan yoga, berenang, pilates bersepeda atau sekedar berjalan kaki dengan pasangan. Hal ini karena olahraga dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh dan melancarkan sirkulasi darah.

5. Konsumsi suplemen tambahan

Selain makanan yang sehat dan bergizi seimbang Anda juga dapat mengkonsumsi suplemen tambahan seperti asam folat. Asam folat sangat diperlukan untuk Anda yang akan melakukan program hamil setidaknya 6 bulan sebelumnya. Manfaat asam folat untuk ibu hamil diantaranya bisa mengurangi risiko keguguran, membantu perkembangan otak, dan mencegah penyakit jantung bawaan. Anda dapat memperoleh asam folat dari makanan seperti bayam, brokoli, pisang, tomat dan buah bit. Anda juga dapat menambahkan multivitamin yang baik dilengkapi dengan Bundavin.