Tips dan Posisi Tidur Ibu Hamil, Baca Ini untuk Tidur Lebih Nyaman!

Penulis: Fadila Nur’aini, S.Tr.Keb
Potret ibu hamil sedang tidur (Dok.Freepik)


Tidur adalah waktu dimana Anda bisa mengistirahatkan tubuh, pikiran dan jiwa. Sayangnya beberapa ibu hamil mulai merasa tidak nyaman untuk tidur malam dan itu membuat mereka lelah di siang harinya. Wajar jika ibu hamil sulit tidur, Anda tidak perlu memikirkannya secara berlebihan, itu akan membuat Anda semakin sulit tidur.

Kesulitan tidur pada ibu hamil disebabkan oleh perubahan hormonal dan ukuran perut yang semakin membesar. Lambat laun rahim akan menekan kandung kemih sehingga membuat kebanyakan ibu terbangun di malam hari untuk berkemih. Upayakan untuk selalu buang air kecil sebelum Anda tidur dan carilah posisi yang nyaman.

 

Tips tidur yang lebih nyaman

1. Olahraga

Ibu hamil perlu tetap aktif berolahraga. Ketika Anda berolahraga, Anda memasukkan udara ke dalam tubuh Anda dan membuat tubuh Anda lebih rileks sehingga Anda akan lebih cepat mengantuk di malam hari. Ada satu studi menunjukkan bahwa olahraga aerobik selama 3-4 kali seminggu meningkatkan kemampuan untuk persalinan pervaginam, menurunkan risiko diabetes kehamilan dan tekanan darah tinggi.

2. Relaksasi

Lakukan teknik relaksasi sebelum tidur. Jika olahraga aerobik terlalu berat, cobalah Yoga. Pose-pose dalam Yoga dapat membantu Anda untuk meningkatkan kualitas tidur. Anda dapat melakukan Yoga sebelum tidur bahkan di atas kasur! Pilihan relaksasi lainnya adalah pijat. Mintalah pasangan Anda untuk memijat tubuh Anda agar lebih rileks.

3. Makan sehat

Makanlah makanan yang sehat dan alami, perbanyak konsumsi buah dan sayuran segar dan dilengkapi dengan suplemen multivitamin dan mineral dari Bundavin. Anda dapat minum teh herbal untuk menutup hari Anda sehingga Anda menjadi lebih rileks. Namun, baca kandungannya terlebih dahulu jika Anda ingin mengonsumsi suatu produk.

 

Posisi tidur ibu hamil yang nyaman

Bantal hamil mungkin dapat membuat Anda tidur lebih nyaman. Jika ini tidak membantu Anda, gunakanlah bantal atau guling biasa. Anda juga dapat mengganjal perut dengan bantal dan meletakkan bantal lainnya diantara kedua lutut Anda. Jika Anda merasa lebih nyaman untuk mengganjal perut dengan lutut dan paha, maka lakukanlah! Carilah posisi ternyaman untuk tidur.

Memasuki kehamilan trimester tiga, beberapa ibu mengeluh sesak napas. Untuk mengatasinya, Anda dapat meninggikan dada sedikit dengan menggunakan bantal. Anda juga dapat menumpuk beberapa bantal lebih tinggi agar kepala lebih terangkat untuk mencegah naiknya asam lambung ke kerongkongan.

Pada trimester pertama, Anda masih nyaman tidur telentang dan ini masih aman. Menjelang trimester kedua Anda mulai tidak nyaman dan posisi telentang sebaiknya dihindari. Tidur dalam posisi telentang berisiko menurunkan aliran darah balik sehingga ibu hamil akan merasa pusing, sesak napas, dan jantung berdetak lebih kencang.

Riset menunjukkan bahwa setelah 28 minggu kehamilan, tidur telentang dapat meningkatkan risiko janin mati. Ini disebabkan oleh terhambatnya aliran darah dan oksigen ke bayi. Posisi yang aman adalah miring ke kiri atau ke kanan. Jika Anda terbangun di tengah malam dalam keadaan telentang, jangan khawatir! Anda bisa membalikkan badan lagi dan tidur menyamping ke kiri atau ke kanan senyaman Anda.